SLKDH DAY 4 : DEPARTEMEN PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MAHASISWA


Hallo semua.
Seminggu Lebih Kenal dengan Himafis sudah sampai pada hari keempat. Kali ini akan dibahas salah satu departemen Himafis yang anggotanya orang-orang kreatif yaitu Departemen Pusat Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa.


Departemen Pusat Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PPSDM) merupakan departemen yang terdapat di himpunan mahasiswa fisika (HIMAFIS) yang menjalankan fungsi internal dan eksternal. Internal sebagai pusat pengembangan potensi mahasiswa khususnya mahasiswa fisika dan eksternal dengan mengenalkan fisika kepada siswa SMA.

A.        Tugas/Fungsi
1.    Wadah peningkatan pendidikan dan pengembangan mahasiswa program studi fisika.
2.    Meningkatkan kemampuan akademis mahasiswa baik formal maupun informal dan menjadi fasilitator dalam mengembangkan potensi mahasiswa
3.    Meningkatkan kreatifitas pengurus, produktivitas di bidang akademik maupun non akademik, meningkatkan hardskill dan softskill pengurus, anggota, dan mahasiswa fisika pada umumnya.


B.        Proker 
1.     Olimpiade (2018)
Olimpiade fisika bertujuan untuk menambah ketertarikan siswa-siswi tingkat sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat terhadap sains, khususnya fisika, mengembangkan sikap kritis dan kreativitas mereka dan mengeksplor siswa-siswi yang memang memiliki bakat dan minat di bidang fisika. Olimpiade fisika pada tahun ini dilaksanakan secara serentak dengan tiga program studi lain di fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, sehingga nama olimpiadenya berubah menjadi omipa atau olimpiade matematika dan ilmu pengetahuan alam. Bidang olimpiadenya antara lain olimpiade biologi, fisika, kimia dan matematika.
2.     Ayo PKM (15 September 2018)
Ayo pkm merupakan program kerja yang bertujuan untuk mensosialisasikan program kretivitas mahasiwa kepada mahasiswa fisika. Program kreativitas ini nantinya akan berupa pengusulan proposal sesuai dengan bidang PKM yang ada. Program kreatifitas mahasiswa terdiri dari dua jenis, ada PKM 5 Bidang dan PKM 2 Bidang. PKM 5 bidang terdiri dari PKM Pengabdian Masyarakat, Penelitian, Karya Cipta, Kewirausahaan dan Penerapan Teknologi. Sedangkan PKM 2 Bidang terdiri dari PKM Artikel Ilmiah dan Gagasan Tertulis. Dengan adanya proker ayo pkm yang terwujud dalam bentuk seminar PKM, diharapkan dapat memancing minat mahasiswa fisika untuk berkontribusi dan mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat di bangku kuliah di masyarakat dan lingkungan
3.    Lomba Alat(6 oktober 2018)
Bertujuan sebagai wadah inovasi dan kreatifitas mahasiswa fisika pada khususnya dan mahasiswa universitas mataram pada umumnya. Dengan adanya perlombaan ini diharapkan mahasiswa universitas mataram dapat berkreasi membuat alat yang dapat mempermudah pekerjaan sehari-hari. Lomba ini juga dapat menjadi ajang penerapan teori dan konsep fisika, matematika dan lainnya, yang dipelajari mahasiswa di bangku kuliah.
4.     PGS (15 Desember 2018)
Physics goes to school atau yang bisa disingkat PGS ini merupakan salah satu program kerja departemen PPSDM (pusat pengembangan sumber daya mahasiswa). Di PGS, mahasiswa dan dosen dari program studi fisika datang berkunjung ke satu sekolah yang sudah ditentukan untuk memperkenalkan fisika kepada siswa-siswi sekolah tersebut. Biasanya khusus untuk siswa-siswi dengan konsentrasi IPA/MIA. Perkenalan ini dilakukan dengan melakukan praktikum-praktikum fisika dan akan diamati oleh siswa-siswi tersebut. Nantinya mereka juga bisa untuk ikut melakukan eksperimen fisika dalam acara ini
5.     Bimbel Himafis(Kondisional)
6.     Klub Himafis
a.    Club teori
Bertujuan sebagai forum diskusi mahasiswa fisika. Membahas materi-materi mata kuliah yang sudah atau sedang dipelajari. Tahun ini, tutor untuk kelas teori berasal dari angkatan 2016 dan anggota klubnya dari angkatan 2016 dan 2017. Di tahun selanjutnya, haruslah mahasiswa angkatan 2017 yang menjadi tutor untuk angkatan selanjutnya.
b.    Club cec
CEC adalaha akronim dari Computation and electronics club. Klub khusus yang membahas komputasi dan elektronika. Di kelas komputasi, Bahasa yang diajarkan adalah baahasa C.
c.    Forgeo
Forgeo atau forum geofisika adalah forum diskusi khusus geofisika dan pengenalan-pengenalannya. Geofisika adalah salah satu konsentrasi yang tersedia di program studi fisika FMIPA Universitas Mataram. Forum ini dapat dijadikan wadah bagi senior-senior dengan konsentrasi geofisika untuk membagi ilmu kepada mahasiswa-mahasiswa baru atau yang baru mengambil konsentrasi geofisika.
d.      Anagraf
Merupakan klub menulis dan membaca. Bertujuan untuk menarik minat menulis dan membaca mahasiswa fisika, baik yang bersifat ilmiah atau bukan.


#SalamHangatFisika
#HimafisBisa
#KabinetNongkrongBerkualitas
#DIF12AKSI
#SLKDH_Day4


Lihat juga :


Komentar

Populer

LAPORAN KEUANGAN

OLIMPIADE FISIKA "PhysiO" 2017 DIMULAI!

HIMAFIS FUTSAL CUP & PES COMPETITION 2018

DEPARTEMEN EVENT

BANK SOAL