Thomas Alva Edison

 




Meskipun sebelumnya sudah lama para ilmuwan menyadari bahwa terdapat hubungan antara listrik dengan magnet, akan tetapi baru Maxwell lah yang mampu merangkum hukum-hukumnya menjadi suatu teori yang padu.

Fisikawan Inggris kesohor James Clerk Maxwell ini terkenal melalui formulasi empat pernyataan yang menjelaskan hukum dasar listrik dan magnet. Maxwell berhasil menjabarkan secara tepat perilaku dan saling hubungan antara medan listrik dan magnet.


Melalui percobaan-percobaan yang dilakukannya, Maxwell mampu membuktikan bahwa kecepatan gelombang elektromagnetik adalah sebesar 300.000 kilometer per detik.


Sehingga Maxwell mengetahui bahwa kecepatan merambat gelombang elektromagnetik hampir sama dengan kecepatan gelombang cahaya, yaitu 299.800 kilometer per detik.

Berdasarkan fakta tersebut, Maxwell kemudian menyimpulkan bahwa cahaya terdiri dari gelombang elektromagnetik.

Kesimpulan yang dikemukakan Maxwell ini, selain merupakan hukum dasar di bidang kelistrikan dan kemagnetan, juga menjadi hukum dasar di bidang optik, sebagai bagian lain dari ilmu Fisika, khususnya yang mempelajari tentang cahaya.

Setelah melakukan banyak percobaan, dia mulai fokus kepada bahan pijar dari filamen karbon dan sukses tes pertama 22 Oktober 1879. Saat itu, lampunya sukses bertahan selama 13,5 jam. Dia terus menyempurnakan desainnya dan di 4 November 1879, mendaftarkan hak patennya.


Beberapa bulan kemudian, Edison dan timnya menemukan bahan yang lebin bagus dalam karbon bambu, dan membuat lampu bertahan hingga 1.200 jam.


Januari 1880, dia mendirikan perusahaan yang bisa mendistribusikan listrik untuk kegunaan harian dan menyinari kota. Di tahun yang sama, dia mendirikan Perusahaan Edison lluminating yang kemudian berubah nama menjadi General Electric Corporation.


1881, dia meninggalkan Menlo Park untuk mendirikan fasilitas di beberapa tempat di mana gardu maupun kabel listrik sedang dipersiapkan.

Di 1882, stasiun gardu Pearl Street menyediakan 110 volt listrik untuk mencukupi kebutuhan 59 pelanggan di kawasan Manhattan samping.


#SalamHangatFisika

#HimafisBisa

#KabinetBersamaBersinergi


FB : Himafis Unram

IG : unram_himafis

LINE@ : http://lin.ee/vnYDGPr

Blog : unramhimafis.blogspot.com

Komentar

Populer

BENDAHARA UMUM

Daftar Nama Panitia Seminar Nasional Fisika 2020

DEPARTEMEN PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MAHASISWA (PPSDM)